Login


    Visitor

    Hari Ini : 20
    Kemarin : 15
    Bulan Ini : 145
    Total Views : 6053

Ubudiyah - Community and Academic Social Service (U-CASS)

| 23-02-2015   09:32:01 WIB | count view (670)

Ubudiyah – Community and Academic Social Service (U-CASS) adalah salah satu dari program Ubudiyah – Successive International Academic Program) yang mengedepankan penerapan ilmu, pengalaman, aktifitas dan kepedulian mahasiswa Universitas Ubudiyah Indonesia pada pengembangan masyarakat. U-CASS digagas dengan mengkombinasikan kegiatan pengabdian masyarakat yang selama ini telah dilakukan dengan nama Kuliah Kerja Nyata (KKN) nmahasiswa dengan program U-CASS yang memungkinkan mahasiswa UUI untuk bisa melakukan pengabdian masyarakat di luar Indonesia. Dengan visi meningkatkan kepedulian masyarakat serta mempelajari kearifan lokalnya, U-CASS akan menerapkan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan sosial dan pertukaran budaya antar Aceh, Indonesia dan negara tujuan. Diharapkan pada kegiatan ini mahasiswa UUI selain memiliki sifat sosial, tapi juga memiliki pengetahuan yang lebih tentang berbagai macam kehidupan sosial di luar kampus.

Salah satu wujud keterlibatan Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) dalam pembangunan adalah melalui kegiatan U-CASS . berdasarkan surat Keputusan Rektor Nomor 007/SK-UUI/I/2015 teantang penyelanggaraan program mata kuliah U-CASS maka mewajibkan kepada seluruh Program Studi dalam lingkungan Universitas Ubudiyah Indonesia untuk mengikutinya. Dengan demikian maka mulai tahun ajaran 2014/2015 U-CASS menjadi mata kuliah intra kurikuler wajib.

Selain ingin meningkatkan pera serta dalam pembangunan Aceh, U-CASS juga ingin menumbuhkan kembangkan kecerdasan interpersonal mahasiswa dan mengembangkan kompentesi how to live together. Penyelenggaraan U-CASS difokuskan pada:

  1. Peningkatan kegiatan untuk menanggulangi masalah-masalah yang dihadapi masyarakat guna mencapai perbaikan di segala bidang.
  2. Menggiatkan program-program pengabdian kepada masyarakat sehingga civitas akademika mendapat kesempatan untuk berpartisipasi sesuai dengan aspirasi yang berkembang di kalangan akademis.
  3. Peningkatan kemampuan praktis mahasiswa dalam mengimplementasikan teori yang diperoleh di bangku kuliah kepada masyarakat.

Kearifan lokal masyarakat merupakan basis dari pembangunan suatu daerah. Salah satu cirri dari keberhasilan pembangunan akan dicerminkan oleh kemajuan desa. Dengan demikian untuk mencapai tujuan pembangunan suatu daerah, kemajuan kearifan lokal masyarakat harus diwujudkan.

Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email